Wisatawan Diimbau Tangguhkan Rencana Pelesiran ke Pulau Wisata

Wisatawan Diimbau Tangguhkan Rencana Pelesiran ke Pulau Wisata

Sumber: Hulondalo.id

(f.menzto)

Hulondalo.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pohuwato meminta masyarakat lebih waspada dengan cuaca ekstrim saat ini.

Kepala BPBD Pohuwato, Ramon Abdjul mengatakan, cuaca ekstrim saat ini merupakan imbas dari La Nina dengan curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang. Kondisi ini berpotensi banjir, longsor dan gelombang laut yang ekstrim.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Ramon berharap seluruh warga Pohuwato dapat berperan serta dengan memperbaiki saluran air atau drainase di lingkungannya.

Selain itu, mereka diminta untuk berpartisipasi dalam menebang dan memangkas pohon dan ranting pohon yang berlebih atau rapuh yang sewaktu-waktu dapat tumbang dan menimbulkan gangguan pada masyarakat.

“Diharapkan melalui pemerintah desa dan kecamatan memperhatikan tingkat kekuatan baliho, penyeberangan jembatan, dan lereng perbukitan yang berpotensi bencana,” harap Ramon.

“Dan bagi para nelayan, mereka lebih berhati-hati bahkan mengurangi aktivitasnya di laut untuk menghindari gelombang laut yang ekstrim,” pinta Ramon.

Ia juga meminta wisatawan untuk menghentikan aktivitas ke pulau-pulau wisata yang akan menyeberang laut demi keselamatan diri dan keluarganya. (yadin / adv)

Artikel yang menghimbau wisatawan untuk menunda rencana perjalanan ke pulau pariwisata tersebut dipublikasikan untuk pertama kalinya di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.

Baca:  Pembagian 1.000 Paket Pangan Lokal Non Beras Warnai Hari Pangan Sedunia di Gorontalo