Cara Menambal Atap Dak Beton Bocor

Memilih Lampu Interior Rumah Minimalis

Atap beton tidak bocor – Musim hujan tiba. Biasanya musim ini ada di bulan-bulan dari akhir tahun hingga awal tahun, bisa dibilang dari bulan Oktober hingga Februari! Apakah sudah disiapkan oleh teman SBJ?

Lihat lagi, apakah ada retakan pada beton yang berpotensi merembes dan bocor? Yang bikin menyebalkan adalah terkadang saat naik dan menambal bagian yang retak, tapi saat hujan masih bocor lagi.

Penyebab Bocornya Atap Beton Dak

Bisa jadi ada faktor-faktor tertentu yang menyebabkan beton tidak bocor lagi. Misalnya, cuaca ekstrim di sekitar rumah, penurunan daya dukung tanah, dan kurangnya perawatan. Tapi yang terpenting, itu pasti karena masalah struktural. Mari kita bahas!

Masalah Struktural

Ketika terjadi retakan pada beton, hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah struktur atapnya dan bukan pada betonnya. Hal ini terlihat dari penyerapan air dari beton. Karena dipastikan konstruksi beton atau plesteran akan sangat rawan retak akibat daya serap yang tinggi.

Kondisi beton yang tidak rata dan keropos itu sendiri juga dapat menyebabkan air mudah masuk. Keadaan ini dapat disebabkan oleh mortar yang tidak lengkap saat diaplikasikan. Setelah mengering, kemudian gelembung dari bintik yang tidak rata itu berlubang. Airnya tertahan di beton.

Sebenarnya cara menambal atap tanpa beton bocor cukup mudah. Ini sangat tergantung pada pengerjaan teknis dan bahan baku yang digunakan. Untuk pekerjaan teknis, prosesnya tidak hanya menambal dari atas atap, tetapi juga menambal beton dari bawah. Oleh karena itu kita perlu belajar bersama bagaimana cara memperbaiki beton yang bocor baik dari atas maupun dari bawah.

tambal beton dari atas

Cara menambal beton dari atas

Untuk memperbaiki beton yang bocor, mari perbaiki dulu bagian atasnya. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kondisi dan lokasi kebocoran. Setelah mengetahui lokasinya, lakukan pembersihan dengan kuas atau pisau dempul.

Setelah mengetahui letak kebocorannya, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan kuas atau pisau dempul. Jika ada retakan, bisa diisi dengan mortar semen yang ditambah dengan cairan penguat semen dan campurannya lapisan anti rembesan. Lapisan anti rembesan yang bisa Anda gunakan misalnya Aquagard Anti Bocor Baru yang memiliki Teknologi Semen Fleksibel, tahan terhadap genangan air, dan tentunya kuat serta tahan lama.

Setelah itu pastikan semua bagian sudah tertutupi campuran semen dengan cairan anti rembesan. Biarkan hingga benar-benar kering lalu lapisi tambalan dengan tahan air dan serat serat yang kuat. Waterproof yang bisa digunakan bisa bermacam-macam, dari mortar sampai base dengan warna berbeda.

Baca:  Cara Menggunakan Genset dengan Benar

Setelah benar-benar kering, kamu bisa melapisi patch tersebut dengan waterproofing dan juga serat fiber agar benar-benar kuat.

Serat serat sangat berguna untuk menambal / menutup retakan atau lubang rembesan pada beton. Apalagi jika retakan atau lubangnya bocor atau rembesannya cukup besar. Setiap lembar dibungkus plastik agar mudah disimpan.

Setelah lapisan pertama selesai, lapisi kembali area tersebut dengan lapisan anti air yang merata. Baru setelah benar-benar kering, lakukan pelapisan kembali untuk hasil yang maksimal. Beri warna cat yang senada dengan bagian lain untuk membuat atap beton minimalis.

tambal beton dari bawah

Cara Mengatasi Bagian Bawah Dak

Setelah mengulas cara menambal bagian atas beton, selanjutnya mari kita ulas bagian bawahnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan plafon terlebih dahulu dari timbunan debu menggunakan kuas atau alat kape. Cari jamur yang menempel di langit-langit. Jika ada, Anda bisa menghilangkannya terlebih dahulu dengan menggunakan fungisida cair.

Setelah semuanya dibersihkan, aplikasikan alkaline sealer atau primer permukaan dinding baru dan juga plesteran. Biarkan mengering atau sekitar 1-2 jam. Baru setelah kering lakukan pelapisan kembali cat pada plafon terutama pada bagian yang bocor. Lakukan hingga 2 kali pelapisan agar maksimal.

Saran kami gunakan cat dasar merk dan kualitas terbaik seperti Avitex, Propan, Lenkote, Danapaint, atau Bitaprim agar hasilnya lebih terjamin.

Itulah beberapa tips dan cara menambal atap beton bocor yang bisa Anda terapkan di rumah. Dari penyebab hingga cara menambalnya, sudah dijelaskan di atas. Semoga mudah bagi sobat SBJ untuk melamar. Jika Anda mencari bahan dan perlengkapan untuk memperbaiki atap yang bocor, Anda berada di web yang benar!

Super Bangun Jaya menyediakan berbagai kebutuhan material bangunan. Dari bahan dasar hingga finishing, lengkap! Caranya cukup dengan sekali klik superbangunjaya.com atau konsultasi via Whatsapp CS kami di >> sini <<

Beli saja semen? Klik Produk Semen Terlaris

Pengiriman terjamin #pasticampai dengan kurir mandiri tepercaya dan ekspedisi Lalamove #jaminangacurang.

Ingin mendapatkan promo menarik? Jangan lupa follow Instagram @uperbangunjaya dan menyukai Halaman Facebook Super Bangun Jaya agar tidak ketinggalan informasi dan artikelterbaru setiap hari. Semoga bermanfaat!

Posting Cara Menambal Atap Beton Bocor muncul pertama kali di Produk Terbaik.