Apa Itu Program Tambah Daya Listrik PLN?

Apa Itu Program Tambah Daya Listrik PLN?

daya-tambahan-listrik-program-penetrasi-tenaga-listrik

PT PLN (Persero) sudah menjalankan program tersebut daya listrik tambahan untuk kelompok rumah tangga yang sedang berjalan.

PT PLN (Persero) telah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah, untuk melaksanakan program penambahan listrik gratis hingga 2.200 Volt Ampere (VA). Kebijakan ini sudah diterapkan sejak 1 Januari 2018 kemarin.

Nilai yang diberikan oleh program tambahan tenaga listrik ini diperuntukkan bagi kelompok rumah tangga yang ingin menambah tenaga listriknya sehingga tidak dikenakan biaya penggantian listrik.

Sedangkan jika dalam kondisi normal, masyarakat yang ingin menambah daya dikenakan biaya sekitar Rp. 3,8 juta. Nominal ini dikeluarkan masyarakat sebagai investasi untuk mengganti MCB dan kabel, dari semula 900 menjadi 2200 VA.

Di tahun 2019 ini, PT PLN (Persero) menggelar promo Sparkling Lebaran 2019 berupa diskon 50% Biaya Sambungan (BP) dengan diskon maksimal Rp10 juta.

Sedangkan pelanggan yang tergabung dalam kelompok tarif sosial dengan peruntukan rumah ibadah tidak dikenakan biaya sambungan. Promo ini diberikan kepada pelanggan yang menambah Daya Tegangan Rendah dari 220 VA menjadi 197 kVA.

Selain murah dan bebas biaya tambahan lainnya, proses penambahan daya tidak memakan waktu lebih dari 24 jam dan tidak akan mengubah kiloWatt meter (kWh) meter pascabayar ke prabayar atau sebaliknya.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang program tambahan tenaga listrik di tahun 2020. Tanpa basa-basi yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Tarif Listrik Terbaru 2020

Pada tahun 2020 PT PLN (Persero) akan memberikan potongan harga program tambah daya dalam rangka menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia dan memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan listriknya pada saat virus corona baru (Covid-19) ) pandemi.

Dengan adanya tambahan diskon listrik melalui program Gebyar Kemerdekaan, pelanggan hanya perlu membayar Rp 170.845 dari harga normal menjadi Rp 4.893.450.

Program diskon Kemerdekaan Gebyar diberikan khusus untuk pelanggan tarif rumah tangga tegangan rendah mulai dari 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan 4.400 VA, dengan pilihan daya akhir menjadi daya 2.200 VA sampai dengan 5.500 VA.

Persyaratan Untuk Meningkatkan Tenaga Listrik

Meski rumah kita membutuhkan daya listrik tambahan, tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Nah biar tidak bingung kita akan bahas apa saja syarat lengkapnya jika ingin menambah daya listrik.

  1. Setuju dengan ketentuan penempatan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) PLN agar lebih aman dan mudah bagi petugas PLN untuk melakukan pengecekan.
  2. Menjaga APP dan peralatan milik PLN.
  3. Bayar kompensasi APP yang hilang atau rusak karena kelalaian atau niat pelanggan sesuai dengan regulasi yang berlaku.
  4. Bayar tagihan penggunaan listrik tepat waktu.
  5. Bayar tagihan lanjutan jika memang ada pelanggaran pemakaian listrik atau akibat pemakaian yang tidak terukur sepenuhnya.
  6. Memberikan lokasi dan membayar biaya pemindahan dan kompensasi kWh yang tidak disalurkan, jika pelanggan bermaksud memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lainnya dengan persetujuan PLN.
  7. Laporkan ke PLN maksimal 7 hari setelah menyalakan paket pelanggan untuk memastikan kesesuaian prosedur. Jika sampai batas waktu pelanggan tidak melapor ke PLN, maka seluruh pelaksanaan penyambungan listrik hingga penyalaan plot pelanggan dianggap tidak sesuai dengan ketentuan.

Perkiraan Biaya Penambahan Tenaga Listrik

Pemerintah menetapkan biaya listrik setiap tiga bulan. Namun pada tahun 2020 tidak akan ada kenaikan tarif dasar listrik untuk semua kelompok tarif, termasuk rumah tangga listrik 900 Volt Ampere (VA), Rumah Tangga Terjangkau 1.300 VA, dan seterusnya.

Untuk lebih jelasnya lihat perkiraan biaya penambahan tenaga listrik terbaru di bawah ini. Secara detail, di bawah.

  • 467,28 per kWh untuk pelanggan tegangan rendah yaitu rumah tangga kecil dengan daya 1300 VA, rumah tangga kecil dengan daya 2200 VA, rumah tangga menengah (3.500-5.500 VA), rumah tangga besar (6.600 VA ke atas), B-2 ukuran sedang bisnis (6.600 VA hingga 200 kVA, kantor pemerintah P-1 dengan daya 6.600 VA hingga 200 kVA, dan penerangan jalan umum.
  • 352 / kWh untuk rumah tangga 900 VA (R-1/900 VA-RTM).
  • 114,74 / kWh untuk pelanggan tegangan menengah, yaitu B-3 bisnis besar dengan daya di atas 200 kVA dan P2 kantor pemerintah dengan daya di atas 200 kVA.
  • Rp. 996.74 / kWh untuk pelanggan tegangan tinggi yaitu I-4 Industri besar dengan daya 30 MVA ke atas.

Biaya yang dikeluarkan tiap rumah tangga nantinya akan digunakan untuk keperluan berikut, yuk simak penjelasannya.

Biaya Koneksi

Yang perlu dipersiapkan dulu adalah biaya koneksi, apa itu koneksi? Koneksi adalah perubahan daya dari meteran atau koneksi yang ada.

Misal, daya listrik rumah saat ini adalah 450 VA dan Anda ingin menaikkannya menjadi 1300 VA. Jadi, rumah tersebut akan dikenakan biaya sambungan.

Biaya Penggantian MCB

Pasti kalian sudah tau apa itu MCB. Ya MCB atau Pemutus Sirkuit Miniatur merupakan alat yang berfungsi untuk membatasi arus listrik. Jika ingin menambah daya listrik yang harus dilakukan adalah mengganti MCB agar kapasitasnya sesuai dengan daya tersebut.

Misal, MCB untuk listrik 900 VA membutuhkan MCB dengan kapasitas minimal 4 Ampere, dengan biaya sekitar Rp50 ribu. Umumnya harga MCB mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Deposit Keamanan Pelanggan

Untuk pelanggan PLN pascabayar akan dikenakan Uang Jaminan Nasabah atau UJL saat ingin menambah daya. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, Anda tidak dikenakan biaya apapun.

Prosedur untuk Menambahkan Daya

Nah langkah selanjutnya setelah kita mengetahui biaya yang harus dikeluarkan, nah bagaimana cara menambah tenaga listrik dirumah?

Tata cara penambahan tenaga listrik dapat dilakukan secara online melalui website resmi PLN di pln.co.id maupun secara offline dengan datang langsung ke kantor PLN setempat. Untuk menambah tenaga listrik ada dua cara yaitu secara online dan offline.

Prosedur Pemberian Tenaga Listrik Online

Berikut penjelasan cara menambah tenaga listrik secara online. Tata cara penambahan tenaga listrik datang langsung ke kantor PLN. Simak langkah-langkahnya agar Anda tidak salah.

  1. Buka situs web PLN (www.pln.co.id) dan klik bagian ubah daya.
  2. Baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan pasang baru / perubahan daya online antara Pelanggan yang selanjutnya disebut Pelanggan, dan PT PLN (Persero) yang selanjutnya disebut PLN. Jika sudah membaca dengan seksama, klik setuju.
  3. Isi ID pelanggan / ID meteran, lalu klik cari dan tunggu data pelanggan muncul. Klik pada tab power up dan isi identitas.
  4. Jika datanya sama dengan database PLN, yang harus Anda lakukan adalah mencentang opsi salin data pelanggan.
  5. Isi power change yang anda inginkan, bisa menambah atau mengurangi power.
  6. Jika Anda menambah kekuatan, tampaknya ada biaya yang harus dibayar. Jika Anda mematikan daya, tidak ada biaya.
  7. Jika sebelumnya masih menggunakan meteran listrik lama dan sistem pascabayar akan diganti dengan meteran baru dan sistem prabayar sesuai kebijakan PLN.
  8. Setelah selesai, Anda akan menerima email dari PLN yang berisi permintaan perubahan daya dan Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi link di email tersebut.
  9. Buka link tersebut, maka tampilan akan kembali ke website PLN dan akan memberikan kode pembayaran dan jumlah nominal yang harus dibayarkan. Kode juga akan dikirim ke email kami. Berikut ini adalah tempat pembayaran yang ditentukan oleh PLN seperti kios PPOB atau Kantor Pos Indonesia.
  10. Jika Anda melakukan pembayaran di Kantor Pos, petugas Kantor Pos akan meminta Anda untuk mencantumkan kode pembayaran. Setelah kode pembayaran diinput oleh karyawan maka akan muncul nama, ID pelanggan, dan jumlah yang harus dibayar ditambah biaya administrasi Kantor Pos.
  11. Langkah terakhir tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran yang sekaligus menambah daya listrik. Biasanya diperlukan waktu 10 hari kerja sejak tanggal pembayaran tagihan.

Prosedur untuk Menambahkan Daya Offline

Berikut penjelasan cara menambah tenaga listrik secara offline. Tata cara penambahan tenaga listrik datang langsung ke kantor PLN. Simak langkah-langkahnya agar Anda tidak salah.

  1. Hubungi kantor unit PLN terdekat ke departemen layanan pelanggan melalui telepon terlebih dahulu.
  2. Kumpulkan dokumen yang diperlukan:
  • Fotokopi rekening listrik terakhir
  • Fotokopi KTP Pemohon (siapkan surat lain, seperti surat kuasa, surat perjanjian, atau surat keterangan lain agar tidak terjadi kesalahan). Lembar rencana lokasi gedung / rumah
  1. Siapkan biaya yang dibutuhkan
  2. Biaya Koneksi (BP)
  3. Uang Jaminan Nasabah (UJL)
  4. Segel
  5. Lakukan pembayaran di loket pembayaran Unit PLN terdekat.

Kesimpulan

Sekian penjelasan tentang program penambahan daya listrik PLN. Jika tertarik dan ingin bergabung tentunya bisa melakukannya. Selain menambah listrik dengan program ini, ada solusi lain yaitu membeli genset.

Sekarang Anda tahu prosedur penambahan tenaga listrik. Nah pelajari juga informasi tentang pentingnya generator bagi penyelenggara acara.

Baca:  ‘Saling Hantam’ saat Pilkada, Itu Gaya Politik Tempoe Doloe

Posting Apa Itu Program Peningkatan Listrik PLN? muncul pertama kali di DPS Power.